Minggu, 19 Mei 2013

Minggu

Hari ini gw ke gereja, sama seperti hari-hari minggu sebelumnya.

Gw selalu bersemangat ketika ke gereja salah satu alasan terbesarnya adalah karena gereja gw ini bahasa Indonesia, dan tentu banyak kenalan setanah-air gw ini berasal dari sana.

Selain PPI Waseda yang kira2 ada 30an orang, gereja adalah komunitas dimana gw bisa merasakan seperti berada di tanah air lainnya.

Bukan berarti gw hanya ke gereja hanya ketika gw merindukan tanah air, tapi gw merasa telah menemukan Little Indonesia di Tokyo.

Bayangin ga sih, walau lo tinggal ribuan kilometer dari keluarga lo, tapi tiap minggu lo seakan bisa pulang ke Little Indonesia ini.

Gw bisa menghargai lah kalo orang Cina suka pergi ke China Town atau lo sering liat ratusan orang India sedang jualan karpet entah yang mereka bawa dari India atau yang disulap jin Mustafa di Little India di Singapur itu.

Tapi menurut gw, ga perlu deh ada daerah yang dikhususkan seperti Shin-Okubo yang merupakan daerah Korea di Tokyo, China Town dimana-mana, Little India di Singapur, ataupun Little Italy di Manhattan, gereja dengan bahasa lo sendiri itu udah cukup bagi gw.

Orang-orang yang gw temui dan kenal disana sangat cocok dan bahkan sebagian mempunyai cara pikir yang serupa.

 Boleh kita punya ribuan pulau, ratusan bahasa dan suku, tapi mau lo pergi ratusan maupun ribuan kilometer kemanapun, ataupun bisa bahasa macem-macem pun, sukses jadi milyarder dimanapun, ga ada yang bisa menghilangkan keindonesiaan lo.

Sehabis gereja pun, gw sering makan malam dulu dengan mereka.

Kehangatan ini pun yang membuat gw merasa dihidupkan kembali tiap minggu, bukan karena Tuhan yang hadir di hati gw setelah misa di gereja, bukan juga karena roh kudus yang bisa hinggap di pikiran gw, ataupun tubuh Kristus yang berwujud hosti itupun sebelum gw cerna bisa nerobos ke hati gw gitu, melainkan karena sebenarnya gw udah pulang ke Indonesia dan kembali lagi tiap minggu.

Tanpa perlu naik Air Asia 7 jam pake transit di Malaysia segala, cukup naik kereta ganti line 1x di Shinjuku, sampe lah gw di Yotsuya alias Little Indonesia gw itu. 

Atau yah tapi emang mungkin sih, Tuhan, roh kudus atau hosti itu ngambil satu atau dua bagian lah dari perjalanan gw ke Indonesia itu.

Sekarang udah Senen nih.. Yah sebenernya males juga sih yaa.. At least idealnya gw semangat deh..



Ruben

Tidak ada komentar:

Posting Komentar