Sabtu, 18 Mei 2013

Bukan bukan siapa siapa

Bukan bukan siapa siapa mungkin agak susah dipahami maksudnya ketika pertama kali melihatnya, tapi sebenarnya sangat sederhana.

 Berawal dari istilah 'bukan siapa siapa' yang artinya seseorang yang tidak berarti untuk apapun dan dimanapun, ditambahkan negasi lagi didepannya.

 Bukan, bukan siapa siapa. Bukan bukan siapa siapa.

 Maksudnya jelas bahwa pemilik blog ini bertujuan untuk menegaskan bahwa dirinya bukan bukan siapa siapa, bukan orang yang tak berarti apa apa.

Salam kenal, gw Ruben.

 Daripada gw ngasitau gw lahir dimana, ibu sama bapak gw orang apa, sd, smp, sma dan gw sekarang lg kuliah apa dan dimana, gimana kalo gw menjelaskan diri gw dan apapun yang terjadi sama gw di blog ini tanpa nyebutin hal-hal itu? 

Paling tidak, tidak menyebutkan hal-hal itu dulu.

 Gw juga lagi mau nyari diri gw sendiri sebenarnya gw itu siapa.

 Mari kita singkirkan sama-sama status-status gw ini dan cari sumber pikiran sama hati dari orang yang mendapatkan status-status itu di balik tubuh gw.

Berawal dari perjalanan yang gw setiap hari harus jalani dari asrama ke kampus yang memakan waktu sekitar 30 menit, otak gw sering mengajak gw berpikir hal-hal filosofis yang gw pikir sudah jarang didapat di zaman yang sungguh modern ini, kita terlalu asik dengan smartphone kita masing-masing.

 Tidak ada waktu untuk berpikir sendiri lagi, hanya kita, dan orang kecil yang sibuk mengontrol otak kita di dalam sana.

Suatu saat gw mikir demikian:

Ketika gw disuruh menuliskan / menjelaskan gw ini siapa, wajar kan ya kalo yg pertama kali hal-hal yg mau gw sampein itu adalah nama gw, darimana asalnya, umur, kuliah dimana, dan lg belajar apa. 

Lanjut ke pertanyaan kedua yang lebih mendalam, kaya hobi gw apa? Kenapa kuliah disini? Dan pertanyaan-pertanyaan seperti kenapa mau belajar ini, dan kedepannya mau jadi apa?

Gw kemudian mikir. 

Ga ada dari pertanyaan2 yang diajukan ke gw ini sebenarnya peduli tentang sesungguhnya siapa gw ini. 

Atau siapa lo itu kalo gw menanyakan hal yang sama ke elo. 

Ngga ada yang membedakan lo dengan orang yang punya nama yg sama dengan lo, asal yg sama dengan lo, tempat kuliah yg sama dengan lo, major yg sama dengan lo, hobi yg sama dengan lo, alasan kenapa ngambil major itu yg sama dengan lo, dan masa depan yg sama dengan lo.

Baiklaah, mungkin itu semua udah bisa menunjukkan lo itu siapa, tapi ya.. intinya bukan itu bukan? 

Mungkin ga sih kalo ditanya 'kamu siapa ya, boleh kenal?', kita bisa jawab.. 'ohh gw sih simpel aja, gw cuma orang yg memperlakukan kehidupan itu seperti liburan panjang' misalnya, atau 'salam kenal, gw orang yang akan menjalani hidup gw seperti sekarang adalah detik pertama gw memulai sisa hidup gw!'

Salam kenal. Gw jawaban yang pertama.



Ruben

Tidak ada komentar:

Posting Komentar